7.10.15

5 Fakta Menarik Tentang Asap

5 Fakta Menarik Tenatang Asap 

Tentu anda tidak asing lagi dengan yang namanya asap, hampir setiap hari disetiap aktivitas yang anda lakukan pasti berhubungan dengan asap, entah itu asap rokok, asap kendaraan, maupun asap hasil pembakaran, terlebih lagi saat ini anda pasti sudah tahu bahwa sekarang Indonesia mengalami krisis kabut asap yang disebabkan oleh kebakaran hutan dipulau sumatera dan kalimantan yang mengakibatkan tingkat polusi udara disana sangat berbahaya.

Asap sendiri adalah zat yang dihasilkan dari proses pembakaran tak sempurna. Bagi sebagian besar orang asap dianggap zat yang merugikan, tetapi dibalik itu sebenarnya asap mempunyai fakta yang menarik untuk dibahas. Berikut kami uraikan fakta menarik tentang asap:

1. Media Komunikasi 

Dulu asap menjadi alat bantu komunikasi, komunikasi ini dinamakan dengan sinyal asap. Sinyal asap adalah komunikasi visual yang digunakan pada jarak yang jauh dengan cara menyalakan api sehingga menghasilkan asap, lalu asap yang ditimbulkan akan menciptakan beberapa pesan yang akan diterima dan dimengerti oleh orang yang dituju. Secara umum asap digunakan untuk mengirimkan berita, sinyal bahaya, tanda darurat maupun tanda berkumpul disuatu tempat.

2. Alat Pertahanan dan Hiburan

Pada jaman dulu ninja menggunakan bom asap untuk melarikan diri dari musuh, teknik ini disebut dengan inton jutsu (teknik meloloskan diri dan menghilang), teknik ini biasanya digunakan pada saat terdesak. Jika dulu bom asap digunakan untuk pertahanan ataupun kegiatan militer, sekarang bom asap banyak digunakan untuk kebutuhan hiburan misalnya film, properti panggung, maupun seleberasi kegembiraan (biasanya digunakan oleh suporter sepak bola).

      3. Pembasmi Hama (Fumigasi)

Fumigasi adalah suatu metode pengendalian hama menggunakan pestisida. Dalam proses fumigasi sebuah area akan dipenuhi oleh gas atau asap untuk membunuh semua hama didalamnya. Metode ini dapat membunuh hama yang hidup didalam struktur bangunan, misalnya rayap.

      4. Pengawet

Kita mungkin mengenal istilah “pengasapan”, istilah ini biasanya merujuk pada metode pengawetan dengan cara mengasapi objek tertentu, biasanya metode pengasapan dilakukan untuk mengawetkan ikan.

      5. Bahan Baku Asap Cair

Asap cair merupakan suatu hasil kondensasi atau pengembunan dari uap hasil pembakaran secara langsung maupun tidak langsung dari bahan-bahan yang banyak mengandung lignin, selulosa, hemiselulosa serta senyawa karbon lainnya. Asap cair ini digunakan sebagai bahan pengawet alami yang berperan sebagai antibakteri dan antioksidan.

Itulah 5 fakta menarik tentang asap, semoga bisa menambah pengetahuan dan wawasan  anda tentang asap. Baca juga Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2015 untuk menambah wawasan anda.

0 komentar

Posting Komentar

Recommended

Mengenal Uang ORI Sebagai Cikal Bakal Uang Rupiah

ORI atau Oeang Republik Indonesia adalah mata uang pertama yang dimiliki oleh   Republik Indonesia seusai mencapai merdekaan. Pada masa awal...