20.7.16

Makna Dibalik 5 Warna Benua yang Harus Anda Ketahui

5 Warna Benua

Pernah mendengar istilah benua biru atau benua hitam? Kami yakin Anda pernah mendengarnya di televisi ataupun media lainnya. Apa yang ada dipikiran Anda saat mendengar istilah tersebut? Apakah Anda termasuk orang yang berpikir kenapa ada istilah benua biru, benua hitam, benua kuning ataupun warna benua lainnya? Apa sebenarnya makna dari tiap warna-warna benua yang ada? Jika Anda bertanya demikian itu artinya Anda termasuk orang-orang yang belum mengetahui tentang hal ini. Kami sarankan Anda untuk membaca artikel ini sampai selesai.

Baiklah untuk memenuhi rasa penasaran Anda, berikut kami jelaskan makna dibalik 5 warna benua.

1.      Benua Biru

Benua Eropa / Benua Biru

Pertama benua biru, istilah benua biru disematkan untuk benua Eropa. Benua Eropa merupakan benua kedua terkecil setelah Benua Australia dengan populasi ketiga terbanyak setelah Asia dan Afrika. Terdapat sekitar 50 negara di benua Eropa.


Lalu kenapa benua Eropa disebut benua biru? Setidaknya terdapat dua alasan. Pertama, karena karakteristik masyarakat Eropa yang memiliki mata berwarna biru. Sehingga julukan ini disematkan menjadi benua biru. Kedua, karena pada jaman dahulu terdapat banyak kerajaan yang memiliki kekayaan mahsyur sehingga mereka dijuluki darah biru (bangsawan), dan pada akhirnya julukan itu melekat pada asal benuanya yaitu Eropa.

2.      Benua Kuning

Benua Asia / Benua Kuning

Benua kuning adalah julukan untuk Benua Asia. Benua Asia merupakan benua terbesar dan memiliki populasi terpadat didunia. Luasnya sekitar 8,7% dari total luas permukaan bumi. Penduduk benua Asia sangat beragam hampir setiap negara dibenua Asia memiliki keragaman etnis maupun budaya sendiri.


Benua Asia dikenal dengan istilah Benua Kuning, hal ini disebabkan karena ras mayoritas penduduk benua Asia memiliki kulit berwarna kuning. Hal ini juga tak lepas dari bangsa Eropa yang merujuk benua Asia dengan sebutan benua Kuning.

3.      Benua Merah

Benua Amerika / Benua Merah

Benua Merah adalah julukan untuk Benua Amerika. Benua ini adalah benua terbesar ke 2 setelah benua Asia. Benua Amerika terletak diantara Samudra Pasifik dan Samudera Atlantik dengan 35 negara yang berada diwilayah Benua Amerika.

Benua Amerika disebut juga benua Merah karena merujuk pada suku asli benua tersebut yaitu suku indian yang memiliki kulit berwarna merah.

4.      Benua Hitam

Benua Afrika / Benua Hitam

Benua Hitam merujuk pada Benua dengan populasi terbesar kedua setelah Benua Asia dan Benua terbesar ke tiga setelah Asia dan Amerika yaitu Benua Afrika. Benua Afrika dikuasai oleh sekitar 56 negara. Benua ini juga disebut-sebut sebagai tempat tinggal manusia paling awal sebelum akhirnya menyebar ke seluruh dunia.

Penduduk asli benua Afrika memiliki ciri khas kulit berwarna hitam, hal inilah yang akhirnya mendasari kenapa benua Afrika disebut sebagai benua Hitam.

5.      Benua Hijau

Benua Australia / Benua Hijau

Benua hijau dikenal sebagai julukan benua Australia. Benua ini merupakan benua terkecil dibandingkan dengan empat benua lainnya. Benua Australia adalah satu-satunya benua yang hanya dikuasai oleh satu negara yaitu negara Australia. Suku asli benua Asutralia sendiri adalah suku Aborigin.


Benua Australia dikenal sebagai benua hijau karena hutan-hutan di benua Australia sebagian besar memiliki spesies yang selalu hijau seperti misalnya eukaliptus dan akasia.

0 komentar

Posting Komentar

Recommended

Mengenal Uang ORI Sebagai Cikal Bakal Uang Rupiah

ORI atau Oeang Republik Indonesia adalah mata uang pertama yang dimiliki oleh   Republik Indonesia seusai mencapai merdekaan. Pada masa awal...