29.10.15

Inilah Pedang Paling Legendaris Jepang

Muramasa

Jepang merupakan salah satu negara maju dunia yang memiliki kebudayaan yang sangat kental dan dijungjung tinggi oleh rakyatnya. Budaya Jepang sangat terkenal diseluruh dunia, salah satu yang paling terkenal dari Jepang adalah katana (pedang Jepang).


Katana adalah pedang legendaris asal Jepang yang banyak digunakan oleh para samurai pada jaman Edo. Katana merupakan simbol dari samurai maupun Jepang secara keseluruhan. Pada jaman Edo, katana telah menjadi budaya kaum shogun (jendaral) yang diwariskan secara turun-temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya. 

Pada akhir abad ke 19 banyak samurai yang melakukan pemberontakan ketika pemerintah berusaha mengambil hak samurai untuk memakai katana sebagai simbol kekuatan mereka. Pada akhirnya hal ini menjadi akhir kejayaan samurai pada saat itu. Meskipun demikian, samurai dan katana tetap menjadi kebanggaan dihati masyarakat Jepang sampai saat ini.

Taukah anda bahwa ada beberapa katana/pedang yang dianggap paling legendaris dari Jepang, pedang  itu adalah

1.      Honjo Masamune
 
Musamane Honjo

Pedang Honjo Masamune dibuat oleh Shogunat Tokugawa atau sering dipanggil dengan nama Goro Nyudo  Masamune   (pendeta Goro Masamune)  (1264-1343 M) yang diakui sebagai pembuat pedang paling hebat dalam sejarah. Pedang buatanya dikenal memiliki keindahan dan kualitas yang tak tertandingi. Masamune belajar membuat pedang dibawah bimbingan Shintogo Kunimitsu dan menggabungkan keahlian pedangnya dengan aliran lain serta menyempurnakannya. Pedang Masamune sering dibandingkan dengan pedang Muramasa, banyak yang menyebut pedang Masamune melambangkan kedamaian sedangkan pedang Muramasa melambangkan pedang haus darah.

2.      Sengo Muramasa

Muramasa Sengo

Pedang ini dibuat oleh Muramasa, yaitu seorang pembuat pedang terkenal yang memiliki perawakan kejam dan gila. Kekejamannya tercermin pada setiap bilah pedang buatannya, pancaran, siluet dan ketajaman pada setaip sisi pedang buatannya mampu memperlihatkan kekejaman pengguna sekaligus pembuatnya. Pedang ini dianggap sebagai pedang iblis atau pedang terkutuk karena membuat penggunanya menjadi haus darah. Dalam sejarah juga tertulis bahwa pedang muramasa harus terkena atau mengambil darah seseorang sebelum disarungkan kembali. Hal ini memaksa para penggunanya melukai dirinya sendiri.  

3.      Kusanagi no Tsurugi

Kusanagi no Tsurugi

Pedang kusanagi no tsurugi atau disebut juga pedang pemotong rumput adalah pedang legendaris yang merupakan salah satu dari tiga harta penting kerajaan Jepang. Pedang ini adalah pedang milik Yamato Takeru yang memimpin pada perang padang rumput terbuka pada masa pemerintahan kaisar ke XII. Dengan memakai pedang ini Yamato berhasil mengalahkan musuh-musuhnya. Setelah Yamato tewas pada pertempuran besar tahun 1371, pedang ini dikabarkan hilang di laut.

4.      Yamashita

Yamashita Sword

Pedang ini milik seorang jendaral angkatan darat kekaisaran Jepang pada perang dunia II. Pedang ini dibuat oleh Fujiwara Kanenaga sekitar tahun 1640-1680 yang terkenal sebagai pembuat pedang terbaik pada masa itu. Sekarang pedang ini berada di West Point Military Museum.

Itulah pedang yang dianggap paling legendaris di Jepang, setiap pedang memiliki legenda tersendiri yang menjadi warisan budaya bagi masyarakat Jepang.

0 komentar

Posting Komentar

Recommended

Mengenal Uang ORI Sebagai Cikal Bakal Uang Rupiah

ORI atau Oeang Republik Indonesia adalah mata uang pertama yang dimiliki oleh   Republik Indonesia seusai mencapai merdekaan. Pada masa awal...