1.7.16

5 Lukisan Terpopuler Di Internet yang Harus Diketahui

Lukisan Terpopuler di Internet
sumber gambar: wikipedia.org

Lukisan adalah hasil karya seni yang biasanya berbentuk dua dimensi dengan proses pembuatannya dilakukan dengan cara memulaskan cat dengan alat lukis pada permukaan media lukis seperti kanvas, kertas atau dinding. Lukisan merupakan bagian dari seni rupa, meskipun memiliki arti yang lebih luas karena bukan hanya sekedar menggambar.

Dalam perkembangannya lukisan dikatagorikan kedalam alasan pembuatannya, yakni lukisan idealis dan lukisan komersil. Lukisan idealis cenderung pada kebutuhan seseorang untuk mengekspresikan diri atau kebutuhan rasa untuk berkarya dengan menuangkan segala aspek karya seni. Sedangkan lukisan komersil lebih kepada kebutuhan untuk memberi aksen atau memberi hiasan dalam estetika ruangan. Lukisan berkelas sering dilihat atas nilai ekonominya, meskipun pada kenyataannya sebuah karya seni yang berkelas tidak selalu indentik dengan nilai ekonominya.

Baca juga: 4 Pedang Paling Legendaris Di Jepang

Didunia ini terdapat banyak lukisan berkelas yang keberadaannya menjadi penomena tersendiri bahkan menjadi begian dari sejarah dunia. Berikut ini adalah lukisan paling populer di internet atau yang paling banyak dicari di internet.

5. Luncheon of the Boating Party


Lukisan Terpopuler di Internet
sumber gambar: wikipedia.org
Lukisan klasik hasil karya Pierre Auguste Renoir yang lahir pada tanggal 25 Februari 1841 di Limoges, Perancis dan terkenal dengan gerakan impresionis dalam setiap lukisannya ini sangat terkenal didunia. Lukisan ini menggambarkan sekelompok orang yang berkumpul dan bersantai di balkon dekat Sungai Seine.

4. The Starry Night


Lukisan Terpopuler di Internet
sumber gambar: wikipedia.org

Starry night (malam penuh bintang) merupakan salah satu lukisan karya Vincent Van Gogh, seorang pelukis Belanda yang dianggap sebagai bagian dari salah satu pelukis terbesar dalam sejarah seni di Eropa. Lukisan ini dibuat pada saat Vincent Van Gogh sedang berada di Saint Rémy de Provence di sebuah rumah sakit jiwa pada bulan Juni 1889.

3. The Scream


Lukisan Terpopuler di Internet
sumber gambar: soktau.com

The Scream (Jeritan) adalah lukisan karya orang Norwegia yang bernama Edvard Munch. Lukisan ini menjadi sumber inspirasi bagi pelukis yang beraliran sama dengan Edvard Munch. Sejumlah orang mencibir lukisan 'The Scream' sebagai lukisan yang mirip gambar anak TK atau SD. Namun, faktanya pada tanggal 2 Mei 2012 lukisan pastel ini laku terjual seharga US$120 juta atau sekitar Rp 1,5 triliun yang dilelang di Sotheby's, New York.

2. Girl with a Pearl Earring


Lukisan Terpopuler di Internet
sumber gambar: benipaper.com

Girl with a Pearl Earring atau Gadis dengan Anting-Anting Mutiara adalah buah karya dari pelukis Belanda bernama Johannes Vermeer sekitar tahun 1665. Lukisan yang disimpan digaleri Mauritshuis, Den Haag ini memiliki pusat perhatian yang terletak pada anting-anting mutiara yang dipakai seorang gadis. Lukisan ini sering disebut sebagai Mona Lisa dari Utara atau Mona Lisa Belanda.

1. Mona Lisa

Lukisan Terpopuler di Internet
sumber gambar: wikipedia.org

Lukisan setengah badan ini sangat populer di dunia, lukisan yang menggambarkan wanita yang menatap orang didepannya dengan ekspresi yang sering dideskripsikan sebagai lukisan enigmatik atau misterius. Lukisan ini sering menjadi pusat perhatian para ahli dibidang mitologi, studi, maupun parodi.

Mona Lisa yang dalam bahasa Italia ditulis Monna Lisa atau La Gioconda yang berarti Nyonya Lisa adalah lukisan minyak buatan Leonardo da Vinci yang dibuat di atas kayu poplar pada abad ke-16. Sekarang lukisan ini dimiliki oleh pemerintah Perancis yang dipamerkan di Musée du Louvre di Paris.

0 komentar

Posting Komentar

Recommended

Mengenal Uang ORI Sebagai Cikal Bakal Uang Rupiah

ORI atau Oeang Republik Indonesia adalah mata uang pertama yang dimiliki oleh   Republik Indonesia seusai mencapai merdekaan. Pada masa awal...