30.10.15

9 Warna Mata Alami Di Dunia, Mana yang Paling Bagus Menurut Anda?

Warna mata alami di dunia
Mata adalah salah satu dari lima alat indra manusia yang berfungsi sebagai indra yang membantu penglihatan. Mata merupakan alat indra yang sangat kompleks dan memiliki cara kerja otomatis yang sempurna. Mata adalah indra yang sangat penting bagi manusia, karna tanpa mata manusia akan kesulitan mengenali sesuatu. Bisa dibayangkan jika kita mengalami kebutaan atau gangguan pada mata pasti hidup kita akan sulit, terbatas dalam melakukan sesuatu dan selalu bergantung pada orang lain.

Baca Juga: Mengenal Lembuswana, Makhluk Mitologi Dari Kutai Kartanegara

Salah satu yang unik dari mata adalah warnanya, setiap orang memiliki warna mata yang berbeda tetapi pada umumnya warna mata manusia paling banyak adalah berwarna coklat, disusul biru lalu abu-abu.Warna mata pada manusia dipengaruhi oleh jumlah penyebaran sel-sel melanosit  pada iris mata. Sel-sel melanosit ini menghasilkan melanin sejenis pigmen yang dapat ditemukan pada mata dan dapat memberi warna pada iris mata.
Diseluruh dunia, terdapat beberapa warna mata alami yang menjadi keunikan dan keanekaragaman tersendiri bagi pemiliknya. Warna mata ini bukan hasil dari lensa kontak, tetapi benar-benar alami, berikut ini adalah warna-warna mata alami diseluruh dunia.

1. Warna Coklat

Warna mata alami di dunia

Mata coklat adalah mata yang paling umum didunia, lebih dari setengah populasi manusia didunia berwarna mata coklat. Orang yang memiliki mata coklat sering dianggap cerdas, baik dan dapat dipercaya. Entah darimana anggapan ini muncul tetapi sebagian orang percaya demikian. Mata coklat merupakan mata yang mengandung lebih banyak melanin. Kawasan yang memiliki penduduk bermata coklat tua adalah kawasan Asia Tenggara, Asia Timur, Asia Barat, Oceania dan Afrika. Sementara kawasan Iran, Iraq, Afghanistan, Pakistan, Asia Tengah memiliki banyak penduduk bermata coklat muda.

2. Warna Biru

Warna mata alami di dunia

Mata biru pada mata disebabkan karena rendahnya melanin dalam iris stroma. Mata biru adalah mata yang banyak dimiliki orang-orang Eropa, terutama orang yang lahir di Belanda, Jerman,  Islandia, Swedia, Austria,  Finlandia, Estonia, Denmark, dan Norwegia. Sementara di kawasan Asia dan Timur Tengah mata biru sangat jarang.

3. Warna Abu-abu


Warna mata alami di dunia

Warna mata abu-abu menampilkan kesan dingin pada pemiliknya, warna mata abu-abu disebabkan karena kurangnya melanin di iris dan kepadatan protein yang rendah di dalam stroma. Biasanya orang yang memiliki mata ini memiliki pigmentasi yang sedikit pada tubuh, seperti kulit pucat, rambut cerah dan sebagainya.

4. Warna Hijau


Warna mata alami di dunia

Warna mata hijau adalah warna mata yang termasuk langka karena hanya 2% manusia saja yang memiliki warna mata ini. Warna mata hijau terjadi dari hasil hamburan cahaya Rayleigh yang yang kemudian memantul dari warna kekuningan pada stroma mata. Mata hijau sering ditemukan di wilayah Eropa  Tengah, Selatan dan Utara, selain itu juga terdapat di Asia  Barat, Selatan danTengah.

5. Warna Hitam


Warna mata alami di dunia

Orang yang memiliki warna hitam pekat sangat jarang, hanya sekitar 1% penduduk bumi yang memiliki waran hitam murni

6. Warna Amber


Warna mata alami di dunia

Warna amber adalah warna coklat kekuningan atau keemasan dengan memencarkan cahaya berwarna tembaga. Warna mata amber ini dipengaruhi oleh pigmen lipochrome yang sangat tinggi yang berpadu dengan konsetrasi melanin yang rendah sehingga menghasilkan warna cantik yang sangat jarang ditemukan pada mata manusia. Mata ini sering ditemukan pada mata serigala, sehingga mata ini sering disebut mata serigala.

7. Warna Violet


Warna mata alami di dunia

Warna mata violet dihasilkan dari paduan antara melanin dan pigmentasi yang sangat jarang terjadi. Warna mata ini dipercaya merupakan hasil mutasi genetis yang disebut sebagai Alexandria Genesis. Manusia yang mengalami mutasi ini cenderung memiliki kulit pucat dan bermata ungu. Dikatakan bahwa mereka kebal dari berbagai penyakit dan cenderung awet muda.

8. Warna Hazel (Merah Kecoklatan)


Warna mata alami di dunia

Warna hazel atau merah kecoklatan adalah hasil kombinasi antara hamburan Rayleigh dengan sejumlah melanin di lapisan perbatasan depan iris mata. Warna mata Hazel diartikan sebagai warna tengah antara hijau dengan cokelat terang atau gelap. Warna mata hazel sangat umum di Amerika dan Eropa, sementara di Afrika, Timur Tengah dan orang-orang Asia warna ini sangat langka.

9. Warna Heterochromia


Warna mata alami di dunia

Mata heterochromia merupakan mata paling unik dan paling langka, karna mata ini memiliki wara berbeda pada satu mata. Mata ini merupakan hasil dari mutasi genetis, yang menyebabkan keadaan warna iris pada satu mata berbeda dengan iris mata di sebelahnya, atau iris mata di satu bagian berbeda warna dengan bagian iris yang lainnya.

Baca: Inilah Pedang Paling Legendaris Jepang

1 komentar:

Recommended

Mengenal Uang ORI Sebagai Cikal Bakal Uang Rupiah

ORI atau Oeang Republik Indonesia adalah mata uang pertama yang dimiliki oleh   Republik Indonesia seusai mencapai merdekaan. Pada masa awal...